Diberdayakan oleh Blogger.

6 Tips Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak

Masing masing anak terlahir dengan kepribadian yang berbeda, oleh karena itu beberapa anak sangat mungkin memiliki sifat minder atau kurang bersosial dan menonjolkan diri, dan tugas anda lah sebagai orang tua untuk membangun sifat positif pada anak, salah satunya adalah membangun kepercayaan diri.

Agar anak lebih percaya diri

Berikut ini adalah beberapa tips agar anak lebih percaya diri
  1. Berikan lebih banyak perhatian

  2. Menurut sebuah penelitian, anak yang cukup mendapat perhatian dari orang tuanya lebih besar kemungkinan tumbuh dengan rasa percaya diri yang besar.
  3. Berikan pujian dan pengetahuan

  4. Biasakan memuji anak saat anak melakukan hal yang baik, dan sertai pujian tersebut dengan pengetahuan atau sisi positif dari apa yang telah dia lakukan.

    Contohnya seperti, "Hebat, anak mama hari ini makan nya sampai habis, kalau seperti itu kamu bisa tetap sehat dan cepat besar", dengan begitu, anak bisa mengetahui manfaat positif dari hal hal baik yang telah dia lakukan.
  5. Berikan batasan dan pengetahuan

  6. Seperti halnya saat memberikan pujian, sangat penting untuk menambahkan pengetahuan pada anak saat dia berbuat kesalahan, sehingga anak tau dan menyadari kesalahan yang telah dia perbuat.
  7. Kenali bakat anak

  8. Orang tua mungkin menginginkan anak memiliki bakat sesuai dengan minat mereka, namun akan lebih baik jika orang tua membantu anak mengembangkan bakat alami yang anak miliki, dengan begitu proses pengembangan bakat anak akan terasa lebih menyenangkan dan menambah semangat pada anak.
  9. Temani anak bersosial

  10. Sangat penting untuk mengajak anak bersosial atau mengenal lingkungan dan orang orang baru. Beberapa anak mungkin merasa kurang nyaman saat memulai, maka temanilah anak saat dia belajar bersosial.
  11. Berikan contoh pada anak

  12. Anak akan mencontoh kedua orang tuanya, seperti apapun anak anda ingin anda bentuk, cara terbaik adalah memberikan contoh atau teladan baginya.

    Jika anda ingin anak lebih percaya diri, maka akan lebih tepat jika anda menunjukan rasa percaya diri anda terlebih dahulu.
 

Artikel Bermanfaat Lainnya :

Paling Banyak di Baca