Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mengajari Anak Membaca dan Menulis

Cara mengajari anak membaca dan menulis, ya, selain membentuk sisi emosional seperti rasa percaya diri pada anak, sangat penting untuk membentuk kecerdasan anak sejak dini dengan diawali dengan mengajari anak membaca dan menulis. Masalahnya, tidak semua orang tua tau cara mengajari anak membaca dan menulis dengan efektif.

Mengajari anak membaca & menulis

Idealnya, anak mulai diajari membaca dan menulis saat anak menginjak usia 4 tahun, karena usia 4 sampai 6 tahun merupakan sebuah periode dimana kemampuan anak untuk belajar dan mengingat berada pada level tertinggi.

Untuk memulai mengajari anak menulis dan membaca, baiknya anda memulai dengan memperkenalkan huruf satu persatu. Metode nya, buatlah satu buah huruf berhias untuk anak anda warnai, contohnya pada gambar berikut ini,

Mengajari anak mengenal huruf
Metode mengajar seperti itu disarankan karena aktifitas mewarnai dan gambar serta warna menarik akan lebih menarik minat anak sehingga proses belajar akan terasa lebih menyenangkan.

Setelah anak mengenal huruf, mulailah meningkatkan pelajaran membaca dengan kalimat sederhana seperti nama anak, nama orang tua, dan nama binatang dengan metode yang sama.

Cara mengajari anak

Banyak alat bantu yang bisa anda dapatkan untuk mengajari anak membaca dan menulis, yang terpenting, agar proses belajar lebih efektif, kegiatan belajar haruslah terasa menyenangkan dan bebas dari tekanan, dan sangat dianjurkan untuk memberi pujian pada anak jika dia menunjukan perkembangan dalam proses belajarnya.

Selamat mencoba dan semoga artikel cara mengajari anak membaca dan menulis ini bermanfaat.
 

Artikel Bermanfaat Lainnya :