Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Rangsang Kecerdasan Anak Sejak Kecil

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai anak yang cerdas? semua orang tua pastinya menginginkan anaknya tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas dan berprestasi, untuk mewujudkannya tentunya harus ditunjang dengan stimulasi sejak dini dengan tepat, dan berikut tips merangsang kecerdasan anak agar anak cerdas dan pintar.

Cara agar anak tumbuh cerdas

Percaya atau tidak, kecerdasan anak ternyata dipengaruhi oleh perilaku orangtuanya yang dia lihat dan rasakan saat dia kecil, seperti contohnya,

Seringnya komunikasi

Sering berbicara dengan anak dan mendengarkan anak bercerita ternyata dapat menambah pengetahuan kosakata dan imajinasi pada anak, jika anda cukup sibuk untuk melakukannya, paling tidak temani anak anda sebelum tidur dengan cerita atau dongeng, atau tanyakan apa saja yang dia alami seharian tadi, hal tersebut akan merangsang kecerdasan anak dan kedekatan anak dengan orang tua.

Latihan mengingat

Berikan satu hafalan bagi anak anda, dan lakukan pengujian mengenai hafalan tersebut secara berulang namun berjangka, contohnya pada pengenalan warna, jika anda mengajari anak bahwa langit berwarna biru, anda dapat bertanya secara berulang paling tidak satu hari sekali, "apa warna langit?", ini untuk melatih daya ingat anak anda.

Budayakan gemar membaca

Tidak ada kecerdasan tanpa rasa gemar akan membaca. Jika anda menginginkan mempunyai anak yang cerdas, awali dengan membiasakan diri anda sendiri untuk membaca, anak akan cenderung mencontoh kegiatan orang tua nya, jika anak telah memiliki minat membaca, berikan buku bacaan dengan gambar dan tulisan, atau beli alat peraga seperti poster dengan gambar binatang atau huruf misalnya, kemudian pasang di kamar anak, hal tersebut sangat efektif untuk merangsang kecerdasan anak.

Ajari bersosial

Anda tentunya harus mengawasi lingkungan permainan anak anda namun tidak berarti membatasi, banyak ahli percaya bahwa anak dengan kemampuan bersosial yang baik cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang baik juga.

Merangsang kecerdasan anak

Tidak ada kata terlambat untuk merangsang dan melatih kecerdasan anak anda, yang dibutuhkan oleh anak anda adalah perhatian dan komunikasi, hindari memberikan tekanan atau pemaksaan dalam memberikan pengetahuan bagi si kecil, selamat mencoba dan semoga anak anda tumbuh menjadi anak yang cerdas.
 

Artikel Bermanfaat Lainnya :

Paling Banyak di Baca