Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Cacingan Pada Anak

Apa sebenarnya cacingan itu? Cacingan adalah gangguan kesehatan yang banyak ditemui pada anak terutama mereka yang hidup di lingkungan dengan tingkat kebersihan yang kurang baik, meskipun tidak menutup kemungkinan dalam lingkungan yang bersih sekalipun anak bisa saja mengalami cacingan.

Cacingan pada anak

Yang berbahaya dari cacingan pada anak adalah efek samping yang ditimbulkan seperti anemia, penurunan berat badan secara drastis, penurunan kepintaran, anak mudah lesu dan lelah, dan lain sebagainya.

Pada beberapa penderita, cacingan juga dapat menimbulkan diare, sedangkan ciri umum dari anak yang terkena cacingan biasanya timbulnya rasa gatal di area lubang pembuangan atau anus anak yang terjadi sering kali pada malam hari.

Anak cacingan

Cacing dalam tubuh anak bertindak sebagai parasit yang mengambil nutrisi dan zat gizi yang dibutuhkan oleh anak, oleh karena itulah anak yang menderita cacingan biasanya mengalami penurunan berat tubuh namun perut cenderung membuncit dan sering lelah.

Cacingan dapat menular melalui mulut dan kulit, oleh karena itu untuk menghindari anak dari terkena cacingan sebaiknya jaga kondisi kebersihan di rumah anda, biasakan si kecil untuk mencuci tangan sebelum makan, pakaikan sandal saat anak bermain, dan potong kuku anak jika sudah mulai agak panjang.
 

Artikel Bermanfaat Lainnya :

Paling Banyak di Baca