Diberdayakan oleh Blogger.

Inilah Tanda dan Gejala Anak Yang Terkena Cacingan

Anak anda terlihat sering lesu? berat badan menurun dan mengeluh gatal di bagian anus terutama pada malam hari? sebaiknya anda waspada karena mungkin saja anak anda terkena cacingan.
Berikut tanda dan gejala anak yang terkena cacingan yang sebaiknya anda tau.

Tanda-tanda anak terkena cacingan

Tanda yang paling umum dari anak yang terkena cacingan adalah anak biasanya mengeluh gatal di lubang anus terutama pada saat malam hari, rasa gatal ini disebabkan oleh gerakan dari cacing kremi, sebaiknya hindarkan anak dari menggaruk karena telur cacing akan berpindah melalui tangan dan menjangkiti orang lain di sekitarnya.
Selain itu, cacingan juga ditandai dengan berat badan yang cenderung menurun disebabkan cacing bertindak sebagai parasit yang memakan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak.

Selain tanda-tanda di atas, penyakit cacingan pada anak juga menimbulkan gejala sebagai berikut,

  • Anak terlihat lemah dan lesu

Beberapa jenis cacing penyebab penyakit cacingan menghisap darah dan zat besi dari anak yang terinfeksi cacingan, ini menyebabkan anak mudah lesu dan pada kondisi terparah anak dapat terkena anemia.

  • Diare

Cacingan dapat juga ditandai dengan diare pada anak

  • Berat tubuh cenderung menurun

Seperti yang sudah saya tulis di atas, cacing dalam tubuh anak bertindak sebagai parasit yang mengambil nutrisi serta zat gizi yang dibutuhkan oleh anak, itulah mengapa anak yang terkena cacingan cenderung mengalami penurunan berat badan

  • Perut membuncit

Pada kasus cacingan yang parah, anak akan semakin kurus namun dengan ukuran perut yang semakin membuncit, hal tersebut disebabkan oleh gumpalan cacing gelang atau ascaris lumbricoides yang memenuhi perut anak.

 

Artikel Bermanfaat Lainnya :